Tuesday, 30 April 2013

IMAN PADA ALLAH, bagian 5


KEDUDUKAN ASMAUL HUSNA
Yang pasti, bagaimanapun manusia berusaha memahami Dzat Allah swt. dan kesempurnaanya, kondisi sebenarnya yang ada pada Dzat Allah swt. jauh lebih dari itu apalagi akal manusia sangatlah terbatas untuk dapat memahamiya.

Oleh sebab itu maka memahami sifat-sifat Allah swt. yang ada dalam Asmaul Husna akan mendekatkan pemahaman hambaNya terhadap hakikat Dzat Allah swt. sehingga gambaran terhadapNya akan lebih utuh mendekati kebenaran yang sebenarnya.
Disamping itu dalam Al Qur’an diperintahkan agar ketika berdoa supaya diawali dengan menyebut Asmaul Husna ( seluruhnya atau sebagian)
وَللهِ الأَسْـــمَاءُ الْحُسْــنَى فَادْعُـوْهُ بِــهَاوَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِـــدُونَ فِي أَسْــــمَائِـهِ سَــيُجْـــزَوْنَ مَا كَانُـوْا يَـعْـمَـلُوْنَ. الاعـراف : 180
Artinya :     Hanya milik Allah asma-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.
FUNGSI IMAN KEPADA ALAH SWT.
Ada beberapa fungsi iman kepada Allah swt., diantaranya ialah :
a.     Dengan beriman kepada Allah swt. dan memahami sifat-sifatnya termasuk yang ada dalam Asmaul Husna, akan lebih memberikan kesadaran bahwa Tuhan Allah swt. adalah haq sifatNya, DzatNya dan perbuatanNya.
b.    Dengan beriman kepada Allah swt. dan memahami sifat-sifatnya termasuk yang ada dalam Asmaul Husna, maka dalam hidup di dunia akan senantiasa terdorong untuk berbuat kebajikan secara ikhlas karena Allah swt., dan senantiasa mawas diri untuk menghindari perbuatan yang dosa.
c.     Dengan beriman kepada Allah swt. dan memahami sifat-sifatnya termasuk yang ada dalam Asmaul Husna, memberikan dorogan untuk hidup sesuai dengan batas ukuran manusia secara maksimal tanpa melupakan kewajibn beribadah kepadaNya.
d.    Dengan beriman kepada Allah swt. dan memahami sifat-sifatnya termasuk yang ada dalam Asmaul Husna, akan memberikan kesadaran bahwa manusia tidak lain hanyalah makhluk yang memiliki kewajiban untuk menyembah atau mengabdi kepadaNya serta melaksanakan semua perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.
e.     Dengan beriman kepada Allah swt. dan memahami sifat-sifatnya termasuk yang ada dalam Asmaul Husna, umat islam dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
f.     Dengan beriman kepada Allah swt. maka manusia akan senantiasa sadar bahwa suatu saat nanti kita akan menghadapNya dalam keadaan berbeda antara orang yang satu dengan orang lainnya sesuai dengan amal perbuatan masing-masing ketika hidup di dunia.

No comments:

Post a Comment