Tuesday 9 June 2015

KUR 2013.X.1.1 AL QUR'AN 1, bagian 1


AL QUR'AN TENTANG

KONTROL DIRI, HUSNUDDHAN, UKHUWWAH
KOMPETENSI INTI   
KI 1 :   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :  Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR 
1.1       Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuddhan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
2.1       Menunjuk­kan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
3.1       Menganalisis Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4.1.1    Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2    Mendemons­trasikan hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar
4.1.3    Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuddhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait      
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1.1   Siswa dapat membaca Al Qur’an sesuai adab yang telah ditentukan
4.1.1.2   Siswa dapat membaca Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12; dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan makhorijul huruf
4.1.1.3   Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12;  dengan benar
3.1.1      Siswa mampu menganalisis kandungan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12;
3.2.1      Siswa memahami isi kandungan surat Al-Hujurat (49) : 10 dan 12
3.2.1      Siswa dapat menyimpulkan kandungan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12;
4.1.2.1   Siswa dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12 dengan lancar

4.1.3.1   Siswa dapat menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuddhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait1.1       Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuddhan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
2.1       Menunjuk­kan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
3.1       Menganalisis Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4.1.1    Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2    Mendemons­trasikan hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar
4.1.3    Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuddhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait      
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1.1   Siswa dapat membaca Al Qur’an sesuai adab yang telah ditentukan
4.1.1.2   Siswa dapat membaca Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12; dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan makhorijul huruf
4.1.1.3   Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12;  dengan benar
3.1.1      Siswa mampu menganalisis kandungan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12;
3.2.1      Siswa memahami isi kandungan surat Al-Hujurat (49) : 10 dan 12
3.2.1      Siswa dapat menyimpulkan kandungan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12;
4.1.2.1   Siswa dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12 dengan lancar
4.1.3.1   Siswa dapat menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuddhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait1.1       Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuddhan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
2.1       Menunjuk­kan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
3.1       Menganalisis Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4.1.1    Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2    Mendemons­trasikan hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar
4.1.3    Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuddhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait      
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1.1   Siswa dapat membaca Al Qur’an sesuai adab yang telah ditentukan
4.1.1.2   Siswa dapat membaca Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12; dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan makhorijul huruf
4.1.1.3   Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12;  dengan benar
3.1.1      Siswa mampu menganalisis kandungan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12;
3.2.1      Siswa memahami isi kandungan surat Al-Hujurat (49) : 10 dan 12
3.2.1      Siswa dapat menyimpulkan kandungan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12;
4.1.2.1   Siswa dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12 dengan lancar
4.1.3.1   Siswa dapat menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuddhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuddlan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12  serta hadits terkait
2.    Dapat membaca Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12  sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan makhorijul huruf
3.    Mampu menganalisis Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (hudnuddlan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4.    Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (hudnuddlan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan
5.    Dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12  dengan lancar

KEGIATAN PEMBELAJARAN
·     Mengamati
-      Menyimak bacaan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
-      Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
-      Mencermati makna Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
·     Menanya
-      Menanyakan cara membaca, hukum tajwid, asbabun nuzul, makna, dan pesan-pesan utama dalam  Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
·     Mengumpulkan data/eksplorasi
-      Mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12.
-      Menterjemahkan dalam  Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
-      Menganalisis asbabun nuzul Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12.
-      Menganalisis makna Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
-      Mengidentifikasi manfaat kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah).
-      Menyimpulkan hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12.
-      Menyimpulkan makna Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
-      Menyimpulkan pesan-pesan utama dalam  Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
-      Mengaitkan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait.
·     Mengasosiasi
-      Menjelaskan hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12.
-      Menjelaskan makna Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
-      Menjelaskan pesan-pesan utama dalam  Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait
-      Menjelaskan keterkaitan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait.
·     Mengkomunikasikan :
-      Mendemonstrasikan bacaan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.

-      Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar.

No comments:

Post a Comment