Saturday 6 June 2015

KUR 2013.X.2.1 AL QUR'AN 2, bagian 2



C.   MEMBACA DENGAN BAIK / BENAR AL QUR'AN SURAT AL ISRO’ (17) AYAT 23 DAN SURAT AN NUR (24) AYAT 2  


وَلَا تَقْـرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيْلًا.
الزَّانِـيَةُ وَالـزَّانِي فَاجْـلِدُوا كُلَّ وَاحِـدٍ مِّـنْهُمَا مِائَـةَ جَلْدَةٍ ۖ وَلَا تَأْخُـذْكُم بِهِمَا رَأْفَةٌ فِي دِيْنِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِـنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِـرِ ۖ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَائِفَــةٌ مِّنَ الْمُؤْمِنِــيْنَ.

Artinya : “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.    QS. Al Isra’ : 32



Artinya : “Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman. QS An Nur : 2
C.   KANDUNGAN AYAT:  
1. QS. Al Isro’ ayat 32 
Dalam Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al Misbah dijelaskan bahwa Allah swt. melarang hamba-hambaNya mendekati Zina, yaitu melakukan hal-hal dan sebab-sebab yang mendorong keinginan untuk zina, hal-hal yang menyebabkan bangkitnya gairah hawa nafsu kepada lawan jenis dalam bentuk apa saja baik secara fisik maupun non fisik seperti menghayal dan lain-lain.
Larangan mendekati zina ini oleh karena zina merupakan perbuatan amat keji dan melampaui batas dalam ukuran apapun dan merupakan jalan yang buruk dalam menyalurkan kebutuhan biologis.
Segala bentuk yang dapat mengantarkan seseorang pada perbuatan zina dilarang dalam agama Islam, apalagi perbuatan zina itu sendiri.
2. QS. An Nur ayat 2 
Ayat ini menjelaskan tentang hukuman bagi pezina laki-laki maupun perempuan, perbuatan zina dibagi dua yaitu : Zina Mukhshan dan Zina Ghairu Mukhshan.
Untuk lebih jelasnya akan dibahas tersendiri dalam bab ini.

No comments:

Post a Comment