Sunday 28 April 2013

Menolong Yang Kesulitan


Jangan hidup egois apalagi egosentris
Manusia disamping sebagai makhluk individu juga makhluk sosial, ia tidak bisa eksis tanpa adanya orang lain, oleh sebab itu antara sesama manusia harus saling tolong menolong, seseorang dilarang acuh terhadap kesulitan orang lain.

Dalam kaitan ini, Al Qura'n (ajaran Islam) memerintahkan :
Tolong menolonglah dalam kebaikan dan dalam hal menyembah Tuhan, dan jangan tolong menolong dalam kejelekan dan dalam rangka durhaka kepada Tuhan.
Dalam hadis juga disebutkan:
“Barang siapa melepaskan seorang mukmin dari kesusahan hidup di dunia, niscaya Alloh akan melepaskan darinya kesusahan di hari kiamat, barang siapa memudahkan urusan (mukmin) yang sulit niscaya Alloh akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat. Barang siapa menutup aib seorang muslim, maka Alloh akan menutup aibnya di dunia dan akhirat. Alloh akan menolong seorang hamba, selama hamba itu senantiasa menolong saudaranya. Barang siapa menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka Alloh akan memudahkan jalan baginya menuju surga. Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Alloh untuk membaca Kitabulloh dan mempelajarinya bersama-sama, melainkan akan turun kepada mereka ketenteraman, rahmat Alloh akan menyelimuti mereka, dan Alloh memuji mereka di hadapan (para malaikat) yang berada di sisi-Nya. Barang siapa amalnya lambat, maka tidak akan disempurnakan oleh kemuliaan nasabnya.”

Semoga kita dapat mengambil pelajaran, salam dari saya untuk semuanya

No comments:

Post a Comment