ISLAM DAN ILMU
PENGETAHUAN
KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro- aktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
2.5 Menunjukkan
sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait
Indikator Pencapaian Kompetensi
2.5.1 Siswa mampu menunjukkan sikap semangat
menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait
3.7
Memahami Q.S. At-Taubah (9) :
122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikan nya kepada sesama.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7.1 Siswa dapat membaca Q.S. At-Taubah (9) :
122 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
3.7.2 Siswa dapat menjelaskan kandungan Q.S.
At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama.
4.5 Menceritakan
tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari ilmu
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.5.1 Siswa dapat menceritakan tokoh-tokoh
teladan dalam semangat mencari ilmu
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
mampu menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada
sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits
terkait
2.` Membaca
Q.S. At-Taubah (9) : 122 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
3. Memahami
Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama.
3. Menceritakan
tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari ilmu
KEGIATAN PEMBELAJARAN
·
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentang Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits
terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada
sesama
-
Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio
atau media lainnya.
·
Menanya (memberi stimulus
agar peserta didik bertanya)
-
Mengapa
harus menuntut ilmu?
-
Bagaimana cara menyampaikan ilmu kepada
sesama?
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna dan
contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama
sebagai implementasi pemahaman kandungan
Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
-
Guru mengamati perilaku contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyaampaikannya kepada sesama melalui lembar pengamatan di sekolah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua
untuk mengamati perilaku semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyaampaikannya kepada sesama di rumah.
·
Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan tentang semangat
menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
·
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil
diskusi tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
A. Kewajiban
Menuntut Ilmu
Dalil Qur’an tentang kewajiban
menuntut Ilmu
وَمَا كَانَ
الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً ۚ فَلَوْلَا نَفَرَ مِن كُلِّ فِرْقَةٍ
مِّنْهُمْ طَائِفَةٌ لِّيَتَفَقَّهُوْا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ
إِذَا رَجَعُوْا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ
Artinya : Tidak
sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak
pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam
pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya
apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga
dirinya. Q.S. At-Taubah (9) : 122
يَرْفَعِ اللَّهُ
الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ
بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
Artinya : niscaya
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang
yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. QS Al Mujadilah 11
هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ
يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ
Artinya : "Adakah
sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak
mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima
pelajaran.QS Az Zumar 9
Dalil Hadis tentang kewajiban menuntut
Ilmu
طَلَبُ اْلعِلْمِ
فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ
Artinya : ”Mencari
ilmu itu fardlu (wajib) atas setiap orang muslim laki-laki dan perempuan” [HR
Ahmad )
أُطْلُبُواالْعِلْمَ
وَلَوْ بِالصِّيْنِ, فَإِنَّ طَلَبَ اْلعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَإِنَّ المْـــَلَائِكَةَ
تَضَعُ أَجْنِحَتَهَا لِطِلَبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَطْلُبُ
Artinya : Tuntutlah
Ilmu walau di Negeri Cina, sebab menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.
Sesungguhnya Malaikat menghamparkan sayapnya pada orang yang menuntut ilmu
karena senang pada apa yang dicari. HR. Ibn Abdul Barr
Hadis Nabi saw. Tentang keharusan
menyampaikan Ilmu pada orang lain
بَلِّغُوْا عَنِّىْ وَلَوْ
أَيَةً
Artinya :
Sampaikan apa yang datang dariku walaupu satu ayat.
Islam adalah Ilmu, tidak beragama bagi mereka
yang tidak berilmu. Oleh kare itulah mencari dan menyebarkan ilmu sama wajibnya
dalam Islam.
Beribadah tanpa didasari ilmu maka ibadahnya
ditolak tidak diterima, seperti misalnya beribadah tidak sesuai dengan yang
telah dicontonkan oleh Nabi saw.
Begitu pula dalam pekerjaan sehari, bekerja
sebagai tukang tembel ban akan tetapi tidak tahu caranya menembel ban (ilmu
tembel ban) maka pekerjaannya akan ditolak oleh masyarakat.
No comments:
Post a Comment