XII.1.1
|
AL QUR’AN 5,
|
BERPIKIR KRITIS DAN BERSIKAP DEMOKRATIS
KOMPETENSI
INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an sebagai pengamalan dengan meyakini
bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap
demokratis
2.1 Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan159, serta hadis terkait
3.1 Menganalisis dan
mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta
hadis tentang, berpikir kritis dan bersikap demokratis
4.1.1 Membaca Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159; sesuai dengan kaidah tajwid dan
makharijul huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S.
Ali Imran/3: 159 dengan lancar
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri
orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan
Q.S. Ali Imran/3: 190-191
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mampu menunjukkan sikap kritis
dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191
dan 159, serta hadits terkait
2. Dapat membaca Q.S. Ali
Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159; sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul
huruf
3. Mampu
menganalisis Q.S. Ali Imran (3):
190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159; serta hadits tentang taat, kompetisi dalam
kebaikan, dan etos kerja.
4.
Dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3):
190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159; dengan lancar
KEGIATAN PEMBELAJARAN
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan
(tajwid), dan mencermati kandungan Q.S.
Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadits tentang berpikir
kritis dan bersikap demokratis.
·
Menanya
-
Menanyakan cara membaca Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan
Q.S. Ali Imran (3) : 159.
-
Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul,
dan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159,
serta hadits terkait.
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Mendiskusikan cara membaca
Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 sesuai dengan
hukum bacaan tajwid;
-
Menterjemahkan Q.S.
Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 serta hadits terkait;
-
Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali
Imran (3) : 159 serta hadits terkait.
·
Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Ali Imran (3) :
190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 serta hadits terkait.
·
Mengkomunikasikan:
-
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil
diskusi tentang Q.S. Ali Imran (3) :
190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 serta hadits terkait secara individu
maupun kelompok
No comments:
Post a Comment