IMAN KEPADA ALLAH SWT
KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
1.3 Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil dan Maha Akhir
2.3 Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
3.3 Menganalisis makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
4.3 Menyajikan hubungan makna- makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku
Indikator Pencapaian Kompetensi
2.3.1 Dapat
bersikap keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan
perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna (al-Kariim, al-
Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
3.3.1 Dapat
menganalisis makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
4.3.1 Dapat
menyajikan hubungan makna- makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min,
al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran
budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku
Indikator
Pencapaian Kompetensi
2.6.1 Dapat bersikap keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai implementasi
dari pemahaman Asmaul Husna (al-Kariim, al- Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin,
al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5.1 Menjelaskan maksud yang terkandung dalam 7
sifat Allah dalam Asmaul Husna
al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
4.3.1 Dapat memberi contoh perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian,
pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari
pemahaman makna Asmaul Husna
Indikator
Pencapaian Kompetensi
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Bersikap
luhur budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku adil
sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna (al-Kariim, al- Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
2. Memahami
makna Asmaul Husna: (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’,
al-‘Adl, dan al-Akhiir).
3. Berperilaku
yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal
dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna
(al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
·
Mengamati:
-
Membaca teks al-Asma al- Husna (al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir).
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya) :
-
Mengapa Allah memiliki nama yang begitu
banyak?
-
Bagaimana kaitan antara nama-nama tersebut
dengan sifat-sifat Allah.
-
Apa yang harus dilakukan oleh umat Islam
terkait nama-nama Allah yang indah itu?
-
Meyimak penjelasan materi di atas melalui
tayangan vidio atau media lainnya.
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Menganalisis makna al-Kariim, al-Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir bagi Allah.
-
Mendiskusikan makna dan contoh perilaku
keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil
sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
-
Mengaitkan makna al-Asma al-Husna al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir dengan
sifat-sifat Allah.
-
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perilaku
keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil
sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
-
Guru mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian,
pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di
sekolah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku
keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil
di rumah.
·
Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan materi di atas untuk
presentasi
·
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan pelafalan al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir.
-
Mempresentasikan makna al-Kariim, al-Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir.
Mempresentasikan keterkaitan makna al-Asma al-Husna: al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir dengan
perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil
No comments:
Post a Comment