AL
QUR'AN TENTANG
KONTROL
DIRI, HUSNUDDHAN, UKHUWWAH
KOMPETENSI INTI
KI 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah
keilmuan
KOMPETENSI DASAR
1.1 Terbiasa
membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuddhan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
2.1
Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan), dan
persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10
dan 12 serta Hadis terkait
3.1 Menganalisis
Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4.1.1 Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12,
sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar
4.1.3 Menyajikan hubungan antara kualitas
keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuddhan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12,
serta hadis terkait
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1.1 Siswa dapat membaca Al Qur’an sesuai adab
yang telah ditentukan
4.1.1.2 Siswa
dapat membaca Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12; dengan baik dan benar sesuai
dengan kaidah ilmu tajwid dan makhorijul huruf
4.1.1.3 Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S.
Al-Hujurat (49) : 10 dan 12; dengan benar
3.1.1 Siswa mampu menganalisis kandungan Q.S.
Al-Hujurat (49) : 10 dan 12;
3.2.1 Siswa memahami isi kandungan surat
Al-Hujurat (49) : 10 dan 12
3.2.1 Siswa dapat menyimpulkan kandungan Q.S.
Al-Hujurat (49) : 10 dan 12;
4.1.2.1 Siswa dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S.
Al-Hujurat (49) : 10 dan 12 dengan lancar
4.1.3.1 Siswa dapat menyajikan hubungan antara
kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuddhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait 1.1 Terbiasa
membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuddhan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
2.1
Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan), dan
persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10
dan 12 serta Hadis terkait
3.1 Menganalisis
Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4.1.1 Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12,
sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar
4.1.3 Menyajikan hubungan antara kualitas
keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuddhan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12,
serta hadis terkait
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1.1 Siswa dapat membaca Al Qur’an sesuai adab
yang telah ditentukan
4.1.1.2 Siswa
dapat membaca Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12; dengan baik dan benar sesuai
dengan kaidah ilmu tajwid dan makhorijul huruf
4.1.1.3 Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S.
Al-Hujurat (49) : 10 dan 12; dengan benar
3.1.1 Siswa mampu menganalisis kandungan Q.S.
Al-Hujurat (49) : 10 dan 12;
3.2.1 Siswa memahami isi kandungan surat
Al-Hujurat (49) : 10 dan 12
3.2.1 Siswa dapat menyimpulkan kandungan Q.S.
Al-Hujurat (49) : 10 dan 12;
4.1.2.1 Siswa dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S.
Al-Hujurat (49) : 10 dan 12 dengan lancar
4.1.3.1 Siswa dapat menyajikan hubungan antara
kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuddhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait 1.1 Terbiasa
membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuddhan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
2.1
Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan), dan
persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10
dan 12 serta Hadis terkait
3.1 Menganalisis
Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4.1.1 Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12,
sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar
4.1.3 Menyajikan hubungan antara kualitas
keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuddhan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12,
serta hadis terkait
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1.1 Siswa dapat membaca Al Qur’an sesuai adab
yang telah ditentukan
4.1.1.2 Siswa
dapat membaca Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12; dengan baik dan benar sesuai
dengan kaidah ilmu tajwid dan makhorijul huruf
4.1.1.3 Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S.
Al-Hujurat (49) : 10 dan 12; dengan benar
3.1.1 Siswa mampu menganalisis kandungan Q.S.
Al-Hujurat (49) : 10 dan 12;
3.2.1 Siswa memahami isi kandungan surat
Al-Hujurat (49) : 10 dan 12
3.2.1 Siswa dapat menyimpulkan kandungan Q.S.
Al-Hujurat (49) : 10 dan 12;
4.1.2.1 Siswa dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S.
Al-Hujurat (49) : 10 dan 12 dengan lancar
4.1.3.1 Siswa dapat menyajikan hubungan antara
kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuddhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuddlan), dan
persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12 serta hadits terkait
2. Dapat
membaca Q.S. Al-Hujurat
(49) : 10 dan 12 sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan
makhorijul huruf
3. Mampu
menganalisis Q.S. Al-Hujurat
(49) : 10 dan 12; serta hadits tentang kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (hudnuddlan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4. Memahami
manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(hudnuddlan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan
5. Dapat
mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dan 12 dengan lancar
KEGIATAN PEMBELAJARAN
·
Mengamati
- Menyimak
bacaan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
- Membaca
Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
- Mencermati
makna Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
·
Menanya
- Menanyakan
cara membaca, hukum tajwid, asbabun nuzul, makna, dan pesan-pesan utama
dalam Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12
serta hadits terkait.
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
- Mengidentifikasi
hukum bacaan (tajwid) Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12.
- Menterjemahkan
dalam Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12
serta hadits terkait.
- Menganalisis
asbabun nuzul Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12.
- Menganalisis
makna Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
- Mengidentifikasi
manfaat kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan
persaudaraan (ukhuwah).
- Menyimpulkan
hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12.
- Menyimpulkan
makna Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
- Menyimpulkan
pesan-pesan utama dalam Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
- Mengaitkan
antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait.
·
Mengasosiasi
- Menjelaskan
hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12.
- Menjelaskan
makna Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
- Menjelaskan
pesan-pesan utama dalam Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait
- Menjelaskan
keterkaitan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait.
·
Mengkomunikasikan :
- Mendemonstrasikan
bacaan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan
makharijul huruf.
- Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar.
No comments:
Post a Comment