Friday 14 June 2013

Renungan Sebelum Puasa



Khutbah Jum'at Sebelum Romadhan
HADIRIN YANG BERBAHAGIA
Dalam kesempatan khuthbah jum’at pada akhir bulan Sya’ban , perkenankan saya mengajak khususnya diri saya pribadi, marilah kita berusaha untuk lebih meningkatkan kwalitas taqwa kita kepada Allah swt. dengan cara antara lain :

-    Selalu koreksi ulang tingkah laku dan ibadah kita selama ini, apakah yang telah kita kerjakan khususnya puasa tahun lalu diterima oleh Allah swt. dan setelah itu kita coba secara bertahap selama bulan puasa yang akan dimulai hari Rabu / Kamis (Sesesuai Hasil Rukyat Depag) terus menerus mengadakan koreksi dan mawas diri sehingga puasa pada tahun ini menjadi tonggak untuk kita berubah lebih baik dari segi kwalitas maupun kwantitas.
-    Berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menjauh sejauh-jauhnya dari segala sesuatu yang dilarang oleh agama.
HADIRIN YANG BERBAHAGIA
Puasa ini merupakan ibadah yang sangat khusus DAN istimewa, karena satu hadis disebuatkan bahwa semua ibadah adalah milik kita dan telah disebutkan pahalanya, kecuali puasa, "PUASA MILIKKUDAN AKU SENDIRI YANG AKAN MEMBALASNYA KELAK"
Oleh karena penting dan istimewanya puasa maka begitu besar dan ancaman dan dosanya bagi kita yang tidak berpuasa.
mukel 1 hari dengan sengaja tanpa alasan, dari segi syara', ia harus mengqadha cukup 1 hari. Tapi dari segi dosa akibat tidak berpuasa tersebut ada bebarapa keterangan :
1.  Menurut IMAM Robi'ah, tidak menghilangkan dosanya bila tidak diqadhai 12 hari,
2.  Imam Ibnu Musayyab, tiap hari harus diganti dg 1 bulan , baru diharapkan dosanya akan diampuni
3.  S Ali dan Ibnu Mas'ud, 1 th
4.  Imam Bukhai, 1000 hari
HADIRIN YANG BERBAHAGIA
Marilah kita berusaha agar puasa ini dapat dilaksanakan dengan baik, kuncinya hanya ada 2, yaitu niat puasa hanya karena Allah swt. 2. Menahan, menahan tidak melakukan sesuatu yang membatalkan puasa dan membatalkan pahalanya Puasa.
Dan bila kita ingin puasa kita lebih bermutu maka selama berpuasa kita harus isi dengan ibadah lain seperti Shalat tarowih, baca Qur'an, sedekah dll
HADIRIN YANG BERBAHAGIA
Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan pada khuthbah hari ini, semoga kita dan keluarga kita selalu mendapat hidayah dan pertolongan Allah swt. Sehingga kita mampu berpuasa dengan sebaik-baiknya serta dapat melaksanakan shalat tarowih dan darusan pada setiap malamnya.

No comments:

Post a Comment