Wednesday, 30 October 2013

TUGAS KLS X MS5 30/10/2013


1. KEJAKAN PER 2 SISWA 1 PEKERJAAN
2. JAWABAN DIKIRIM DI COMMENT


1.     Wahyu Allah swt. yang disampaikan kepada Nabi Muhammad saw. secara langsung tanpa melalui perantaraan Malaikat Jibril disebut...

A.   Irhash
B.   Ijtihad
C.   Al Hadis
D.   Al Kitab
E.   Al Qur’an
2.     Ijtihad merupakan satu sistem penetapan hukum yang harus mengacu kepada Al Quran dan Al Hadis, oleh sebab itu maka Ijtihad hanya boleh dilakukan oleh...
A.   Umat Islam
B.   SarjanaIslam        
C.   Guru Agama Islam
D.   Intelektual Muslim
E.   Ulama yang memenuhi syarat
3.     Memperjelas ayat-ayat Al Qur’an yang bersifat umum adalah salah satu fungsi dari...
A.   Qiyas
B.   Ulama
C.   Ijtihad
D.   Al Hadis
E.   Al Qur’an
4.     Bila suatu masalah tidak diatur secara jelas di dalam Al Qur’an maupun Hadis, maka jalan keluarnya adalah...
A.   Dibiarkan dan tidak perlu dihukumi
B.   Diputuskan dengan jalan musyawarah
C.   Diputuskan dengan menggunakan kemampuan rasio
D.   Melakukan ijtihad yang benar dan sesuai persyaratan
E.   Dibolehkan mengambil dari kitab Allah swrs. selain Al Qur’an
5.     Sumber hukum Islam yang utama dan terutama dalam sistem penetapan hukum Islam adalah...
A.   Akal
B.   Qiyas
C.   Ijtihad
D.   Al Hadis
E.   Al Qur’an   
6.     Wahyu Allah swt. yang disampaikan kepada Nabi Muhammad saw. melalui perantaraan Malaikat Jibril disebut...
A.   Al Hadis
B.   Al Kitab
C.   Al Qur’an
D.   Hadis Qudsi
E.   Hadis Nabawi
7.     Hadis dapat dibedakan menjadi 3, yaitu hadis qauliyah, fi’liyah dan takririyah, tiga macam hadis tersebut pada dasarnya hadis merupakan...
A.   aspirasi sahabat
B.   ketetapan Nabi saw.
C.   wahyu dari Allah swt
D.   kebijaksanaan Nabi saw.
E.   kehendak pribadi Nabi saw.
8.     Kesepakatan para Mujtahid tentang satu permasalahan hukum yang terjadi dikalangan umat Islam disebut...
A.   ijma’
B.   qiyas
C.   baiat
D.   Ijtihad
E.   musyawarah        
9.     Seorang sahabat yang terkait secara langsung dengan hadis Nabi saw. tentang dibolehkannya melaksanakan ijtihad adalah...
A.   Usman bin Affan
B.   Muadz bin Jabal
C.   Ali bin Abi Thalib
D.   Umar bin Khatthab
E.   Abu Bakar As Shiddiq
10.   Seorang muslim yang melakukan Ijtihad dan telah memenuhi persyaratan disebut...
A.   Ulama’
B.   Mujahid
C.   Mujtahid    
D.   Mujahidin
E.   Cendekiawan Islam
11.   Penetapa Al Qur’an sebagai sumber utama dalam hukum Islam berdasar...
A.   Ijma’
B.   Ijtihad
C.   Sabda Nabi saw.
D.   Firman Allah swt.
E.   Al Quran dan Al Hadis
12.   Sedangkan Al Hadis sebagai sumber kedua ditetapkan berdasar...
A.   Ijma’
B.   Ijtihad
C.   Al Qur’an
D.   Sabda Nabi saw.
E.   Al Quran dan Al Hadis
13.   Letak perbedaan antara Al Quran sebagai Firman Allah swt. dan Al Hadis yang dikenal sebagai sabda Nabi saw. adalah...
A.   Al Qur’an wahyu Allah swt. sedang kan hadis Sabda Nabi saw
B.   Al Qur’an merupakan firman Allah swt. dan Hadis Sabda Nabi saw.
C.   Memegang Al Qur,an harus berwudhu, sedangkan Hadis tidak perlu
D.   Al Qur’an turun melalui Malaikat Jibril sedangkan Hadis langsung pada Nabi saw.
E.   Hadis turun melalui Malaikat Jibril sedangkan Al Qur’an langsung pada Nabi saw.
14.   Dalam hadis dinyatakan bahwa ada dua perkara yang ditinggalkan untuk umat Islam oleh Nabi saw. adalah...
A.   Al qur’an dan Al Hadis
B.   Al qur’an dan tafsirnya
C.   Negara Islam dan sistemnya
D.   Al Qur’an dan terjemahannya
E.   Negara dan tata negara Islam
15.   Tidak sembarang orang boleh melakukan Ijtihad, Ijtihad hanya boleh dilakukan oleh mereka yang telah memenuhi persyarata. Salah satu persyaratannya adalah...
A.   minimal memiliki gelar kesarjanaan S1
B.   seseorang yang menjadi ketua ormas Islam
C.   seorang yang dikenal sebagai cendikiawan muslim
D.   menguasai bahasa arab dengan segala seluk beluknya
E.   seseorang yang memiliki kepekaan terhadap nasib umat Islam
16.   Sesuai dengan pengertian Islam maka hubungan antar manusia harus didasarkan pada…
A.     kerukunan/perdamaian
B.     saling memanfaatkan
C.     saling membutuhkan
D.     saling memperhatikan
E.     saling menguntungkan
17.   Antara sesama manusia, khususnya antara sesama muslim harus selalu ditumbuh kembangkan sikap husnuddhan. Arti husnuddhan adalah…
A.   berhati-hati
B.   menghormati
C.   tenggang rasa
D.   baik sangka
E.   sepenanggungan
18.   Allah swt. menciptakan manusia dengan berbagai bentuk, jenis, warna kulit dan sebagainya. Semua perbedaan ini diciptakan dengan tujuan untuk…
A.   saling membanggakan
B.   membina ciri khas
C.   membangun harga diri
D.   saling mengenal
E.   membangun identitas diri
19.   Semua sifat dan sikap serta usaha untuk menciptakan kerukunan dan perdamaian telah dicontohkan oleh Nabi saw. selama masa hidup beliau yang pada saat ini sudah terkonsep dalam…
A.   Akhlaqul Karimah
B.   Akhlaqul Islamiyah
C.   Akhlaqul Madzmumah
D.   Ukhuwah basyariyah
E.   Ukhuwah wathaniyah
20.   Konsep kerukunan antar umat beragama telah diterapkan sendiri oleh Nabi saw ketika membentuk pemerintahan di  Madinah, Beliau menyatukan unsur-unsur yang berbeda itu dengan dasar…
A.   persamaan hak dan kebebasan beragama
B.   kebebasan beragama dan persamaan keturunan
C.   minoritas dan mayoritas pemeluk agama yang ada
D.   perjanjian kesetian non Islam terhadap pemerintahan Islam
E.   persamaan hak dan kebebasan/ menjalankan agamanya masing-masing
21.   Dalam Piagam Madinah, ada satu hal yang sama sekali tidak disinggung dan ini merupakan bukti kebesaran Nabi saw hal dimaksud adalah…
A.   urusan intern agama
B.   pertahanan bersama
C.   urusan intern golongan
D.   kebebasan beragama
E.   urusan intern kelompok
22.   Nabi Muhammad saw. pernah mendapat tawaran dari pembesar kafir Quraisy untuk saling kompro­mi dalam menjalankan Agama, Tawaran ini ditolak Nabi saw penyebabnya adalah…
A.   kafir Quraisy merupakan musuh utama umat Islam
B.   Islam melarang kerja sama antar umat Islam dan non Islam
C.   Islam melarang kerja sama antar negara Islam dan non Islam
D.   Islam melarang adanya kompromi dalam bidang aqidah dan ibadah.
E.   Islam melarang adanya kompromi dalam bidang sosial masyarakat.
23.   Disamping adanya larangan untuk kerjasama dalam bidang tertentu akan tetapi Islam membolehkan untuk kerjasama/kompromi dengan non Islam, yaitu dalam bentuk…
A.   kerjasama dalam bidang aqidah
B.   kerjasama dalam bidang ibadah
C.   kerjasama dalam bidang perkawinan
D.   kerjasama dalam bidang kepercayaan.
E.   kerjasama dalam bidang kemasyarakatan.
24.   Bila terdapat peraturan pemerintah yang dirasa tidak sesuai dengan ajaran Islam, maka kewajiban umat Islam (Ulama) adalah…
A.   unjuk rasa
B.   mengingatkan secara baik
C.   demonstrasi
D.   memberontak terhadap pemerintah
E.   mengajukan resolusi
25.   Konsep kerjasama antar sesama warga negara ( Muslim dan non Muslim ) kemudian dikenal dengan istilah…
A.   ukhuwah Islamiyah
B.   akhlaqul karimah
C.   ukhuwah Wathaniyah
D.   akhlaqul mdzmumah
E.   ukhuwah Basyariyah
26.   Apabila ulil amri (pemerintah) telah memutuskan sesuatu, apalagi keputusan yang disepakati dan diputuskan bersama  dengan Ulama, maka hukum melaksanakan keputusan tersebut bagi umat Islam adalah…
A.   Wajib
B.   mubah
C.   haram
D.   makruh
E.   sunnat
27.   Dalam surat An Nisa disebutkan yang artinya :Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah rasul(Nya), dan ulil amri di antara kamu....pengertian ulil amri menurut sebagian ulama adalah…
A.   Khalifah
B.   pemerintah Islam
C.   alim ulama
D.   pemerintah dan alim ulama
E.   pemerintah
28.   Bila ulil amri memerintahkan sesuatu yang nyata-nyata bertentangan dengan syari’at Islam, maka HUKUM mentaatinya bagi umat Islam adalah…
A.   wajib
B.   mubah
C.   haram
D.   makruh
E.   sunnat
29.   KH. Achmad Siddiq membagi Ukhuwah menjadi tiga salah satunya adalah Ukhuwah Wathoniyah, yang dimaksud adalah…
A.   Persaudaraan yang tumbuh dan berkembang atas dasar kebangsaan
B.   Persaudaraan yang tumbuh dan berkembang karena persamaan warna kulit
C.   Persaudaraan yang tumbuh dan berkembang karena persamaan keima­nan/agama.
D.   Persaudaraan yang tumbuh dan berkembang atas dasar nasionalisme dan patriotisme
E.   Persaudaraan yang tumbuh dan berkembang atas dasar kemanusiaan/sesama manusia
30.   Adanya ukhuwah atau persaudaraan yang sudah mendalam, khususnya antara sesama muslim akan membuahkan dampak positif berupa…
A.   kepekaan sosial
B.   persatuan dan kesatuan
C.   kepercayaan diri
D.   persatuan dan ketahanan
E.   persaudaraan sesama warga negara
31.   Persaudaraan yang tumbuh dan berkembang karena didasari oleh persamaan keimanan, disebut…
A.   Ukhuwah Islamiyah
B.   Ukhuwah Wathaniyah
C.   Ukhuwah insaniyah
D.   Ukhuwah Basyariah
E.   Ukhuwah Islamiyah
32.   Antara sesama manusia baik seagama maupun berbeda agama supaya terjalin persahabatan dan perdamaian, karena hal ini merupakan perwujudan dari…
A.   Ukhuwah Islamiyah
B.   Ukhuwah Wathaniyah
C.   Ukhuwah insaniyah
D.   Ukhuwah Basyariah
E.   Ukhuwah Imaniyah
33.   Persaudaraan yang terjalin antara sesama manusia pada dasarnya dilandasi oleh…
A.   Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah insaniyah
B.   Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathaniyah
C.   Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Basyariah
D.   Ukhuwah Basyariah dan Ukhuwah Wathaniyah
E.   Ukhuwah insaniyah dan Ukhuwah Wathaniyah

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan tepat.
1.    Mengapa  Al Qur’an  disebut  sebagai  sumber  hukum Islam yang pertama dan utama ? 
2.    Tulislah satu ayat Al Qur’an lengkap dengan artinya yang mengisyaratkan bahwa Alqur’an sebagai sumber utama hukum Islam !
3.    Sebagai upaya bagi  setiap  Muslim  untuk  mempedomani Al Qur’an, apakah langkah awal yang telah anda usahakan ?
4.    Apakah sudah  dianggap  cukup dalam mempedomani Al Qur’an dengan hanya membaca terjemahan Al Qur’an ? Jelaskan alasan anda !
5.    Apakah yang anda ketahui tentang Al Hadis ?
6.    Apakah perbedaan antara Al Qur’an dan Al Hadis !
7.    Alasan apakah yang mendasari ditetapkannya Al Hadis sebagai sumber hukum Islam kedua ?  Jelaskan disertai dalil naqli dan aqli.
8.    Jelaskan pengertian Ijtihad menurut pemahaman anda !
9.    Jelaskan persyaratan pokok untuk berijtihad !
10. Perhatikan  dengan  seksama  arti  ayat 3-4 dari surat An Najm. Menurut hemat anda apakah yang dimaksud dengan ayat terse­but ?

No comments:

Post a Comment