Saturday 1 August 2020

10 Terjelek di Makhsyar

بِسْـــمِ  اللهِ  الــرَّ حْمــنِ الـرَّحِيْـــــمِ
يـوم  يــنـفـح  فى الـصــور فـــتأتـون  افــواجــا   النــــــــــباء  18
"Pada hari sangkakala ditiup (yang kedua) engkau semua datang segolongan demi segolongan"

Shahabat Muadz bin Jabal ra. bertanya kepada Rasulullah saw. Tentang maksud dari surat An Naba’ di atas, ketika menerima pertanyaan ini tiba-tiba Beliau menangis sesenggukan, dan kemudian bersabda :
"Wahai Mu'adz, sungguh engkau bertanya tentang sesuatu yang besar"
Kemudian Nabi saw. menjelaskan sebagai berikut :
Maksud ayat di atas adalah bahwa kelak ada 10 kelompok dari umatku akan dikumpulkan di Makhsyar yang masing-masing golongan berbeda dengan golongan yang lain dengan rupa yang telah diganti oleh Allah swt. yaitu :
1.    Rupa/wajahnya diganti menjadi kera; Yaitu bagi mereka yang suka mengadu domba, lebih-lebih bila untuk kepentingan pribadi.
2.    Rupa/wajahnya diganti menjadi babi; Yaitu bagi mereka yang suka makan barang haram, memang barangnya haram atau cara memperolehnya yang tidak legal.
3.    Dibangkitkan dalam keadaan jungkir balik, berjalan diatas kepalanya; Yaitu bagi mereka yang suka makan barang riba
4.    Dibangkitkan dalam keadaan tuli dan bisu;  Yaitu bagi mereka yang suka pamer amal kebaikannya sendiri
5.    Dibangkitkan dalam keadaan buta; Yaitu bagi mereka yang curang dalam mengeterapkan hukum
6.    Dibangkitkan dalam keadaan mengunyah lidahnya sendiri dan lidahnya memanjang sampai di dada; Yaitu bagi juru dakwah yang dakwahnya bertolak belakang dengan kelakuannya sendiri.
7.    Dibangkitkan dalam keadaan kedua tangan dan kakinya terpotong; Yaitu bagi mereka yang dikala hidup di dunia suka mengganggu orang lain
8.    Dibangkitkan dalam keadaan disalib di pohon dari api; Yaitu bagi mereka yang mengajak orang banyak untuk mendukung dan membela penguasa yang (nyata-nyata) tidak jujur.
9.    Dibangkitkan dalam keadaan lebih busuk dari bangkai; Yaitu bagi mereka yang suka melampiaskan nafsu syahwatnya, serta menolak hak Allah swt.
10.Dibangkitkan dalam keadaan mengenakan pakaian yang terbuat dari teer/aspal panas; Yaitu bagi mereka yang takabbur dan congkak.



No comments:

Post a Comment