Sunday 2 June 2013

PAMER KEBAIKAN

Riya’ = Pamer Kebaikan
Riya’ adalah menampakkan kebaikan atau keutamaan diri sendiri kepada orang lain melalui pembicaraan, tulisan, sikap dan perbuatan dengan maksud mendapat perhatian atau pujian.
Riya’  merupakan hal yang bisa melunturkan keimanan kepada  Allah swt., menghilangkan pahala dari kebaikan-kebaikan yang dilakukan serta menjadi penghalang pertemuannya dengan Allah swt. kelak.
فـمَـنْ كانَ يـَـرْجـُـوْ لـِـقَآء رَبــِّـه فـليـَـعْـمَـلْ عـَـمَـلاً صـَـالـِـحـًا وَلا يـُشـْرك بعـِـبَادَةِ  رَبــّه احـَـدًا
Artinya    :“Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaknya ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadah kepada Tuhannya " QS. Al Kahfi : 110.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Addzahabi, diterangkan bahwa suatu ketika Nabi saw. ditanya tentang sesuatu yang dapat menyelamatkan kelak di akhirat. Nabi saw. menjawab : Janganlah kamu menipu atau memppermainkan Allah swt. 

Kemudian ketika Nabi saw. ditanya tentang maksud menipu atau memppermainkan Allah swt. maka Beliau menjawab : yaitu kamu mengerjakan perintah Allah swt. dan RasulNya bukan bertujuan untuk meraih keridhaan Allah swt. akan tetapi untuk kepentingan selain Allah swt. Kemudian ditegaskan oleh Nabi saw. :
فاتــقواالرّ يـَاءَ فـَإنــهُ الشّـِــرْكُ بـاللهِ 
Artinya :   “Jauhilah (berhati-hatilah) akan riya’ karena sesungguhnya riya’ itu termasuk perbuatan syirik kepada Allah swt.”

Dalam hadis lain, Nabi saw. menegaskan bahwa riya termasuk syirik kecil (samar). Perhatikan beberapa hadis berikut :
اِنّ اخـْـوَفَ مـَا اخَـافُ عـَلى اُمـَّـتيْ الاِشْــرَاكُ باللهِ, اَمـَـا اِنـّى لاَ اقـُـوْلُ تـَعْـبـُـدُوْنَ شمـْشًا وَ لاَقَـــمَـرًا ولا وَثــَـنًا وَلـكنْ اعـْـمَا لاً لـِغـَـــيْرِ اللهِ وشَــهْـوَ ةً  خَــفِـيَّةً    رواه ابن حبان
Artinya    :  “Sesungguhnya yang sangat aku kuatirkan terhadap umatku, ialah syirik pada Allah swt. ingatlah bukan aku berkata : Kamu akan menyembah matahari, atau bulan, atau berhala, tetapi kamu berbuat amal untuk selain Allah, dan karena terdorong syahwat yang samar”  HR. Ibnu Hibban
اِنّ اخـْـوَفَ مـَا اخَـافُ عَـليـْكم الـشـِـرْكُ الاصْــغَرُ وَهُـوَ الــرِّ يـَاءُ   رواه  احــمـد
Artinya    :  “Sesungguhnya yang sangat aku kuatirkan atas kamu, ialah syirik yang kecil (samar) yaitu riya’   HR. Ahmad

No comments:

Post a Comment