Saturday 1 June 2013

SYIRIK

Pengertian Syirik.
Secara sederhana syirik adalah suatu bentuk perbuatan, perkataan serta sikap yang mengarah kepada kategori menyekutukan Allah swt. dalam arti  menganggap ada kekuatan lain yang menandingi/menyamai kekuasaan Allah swt. atau menganggap ada kekuatan lain yang mendukung kekuatan dan kekuasaan Allah swt.

Syirik pada dasarnya disamping merupakan bentuk pengingkaran terhadap keberadaan Allah swt. juga merupakan pelecehan kepada Allah swt. karena menganggap ada kekuatan lain yang menandingi/menyamai kekuatan Allah swt. Oleh karenanya, maka dosa syirik termasuk dosa yang tidak terampunan. 

Perhatikan hadis berikut :
يَـا ابْـنَ ادَمَ لَـوْ اتَـيْـتَـني بـِـقُــرَ ابِ الاَرْ ضِ خَــطَـايـا  ثُــمَّ لَـقِــيْـتَــني لاَ تُــشْرِكْ بِيْ  شَــيْـئًـا لأَتَــيْـتُـكَ بــقُــرَابــهَا مَـغْـفِــرَةً      رواه  الترمــذى
Artinya     :“ Hai anak adam andaikan kamu menghadap padaKu dengan wadah di bumi  penuh dengan dosa tapi engkau tidak menyekutukan Aku dengan sesuatupun, niscaya caya Aku isi semua wadah itu dengan pengampunan.  HR. Tirmidzi. 

Syirik juga merupakan bentuk pengingkaran terhada surat Al Ikhlas sebagai berikut :
قـُـل هُـوَ الله  احَــدٌ.الله الصَّـمَدُ.لـمْ يـَلِدْ وَ لـمْ يـُوْلـدْ.وَ لَمْ يـَكنْ لـهُ  كفـوً ا احَــدٌ
Artinya     :“1. Katakanlah : “Dialah Allah, yang Maha Esa”.   2. Allah swt. adalah Tuhan yang kepadaNya bergantung segalanya. 3. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. 4. Dan tidak ada sesuatupun yang setara denganNya .

Bentuk-bentuk perbuatan syirik antara lain sebagai berikut :
a.    Percaya kepada kekuatan lain yang lepas dari pengaruh Allah swt. atau bahkan menandingi kekuatan dan kekuasaan Allah swt.
Contoh : percaya bahwa harta, pangkat (kekuasaan) serta penguasaan iptek yang bisa menjadikan seseorang meraih kebahagiaan.
b.    Menggantungkan nasib kepada selain Allah swt. lepas dari kebergantungannya kepada Allah swt.
Contoh : Ketika anak sakit, orang tua bergantung kepada kecanggihan ilmu kedokteran atau obat untuk kesembuhan anaknya, termasuk juga bergantung kepada kesaktian paranormal dll.

No comments:

Post a Comment