Monday, 27 April 2015

KUR 2013.XI.2.2 IMAN PADA RASUL-RASUL ALLAH, bagian 1

IMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH
KOMPETENSI INTI
KI 1 :    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-  aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan  alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 :    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR                      
1.2       Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Rasul-rasul Allah swt.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1   Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Rasul-rasul Allah swt.
3.4       Memahami makna iman kepada Rasul-rasul Allah swt.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.1   Mampu menjelaskan pengertian iman kepada Rasul-rasul Allah swt.
3.4.2   Mampu menjelaskan sikap beriman kepada Rasul-rasul Allah swt.
3.4.3   Mampu menjelaskan fungsi iman kepada Rasul-rasul Allah swt.
3.4.4   Mampu mengidentifikasi perilaku beriman kepada rasul-rasul Allah swt.
3.4.5   Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada rasul-rasul Allah swt.
4.6       Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Rasul-rasul Allah swt.
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.6.1   Siswa mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah swt.
4.6.2   Siawa mampu menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada Rasul-rasul Allah swt.
4.6.3   Siswa dapat membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada Rasul-rasul Allah swt.
Tujuan Pembelajaran
1.   Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Rasul-rasul Allah swt.
2.   Memahami makna beriman kepada Rasul-rasul Allah swt.
3.   Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Rasul-rasul Allah swt.


a.   Kegiatan Pembelajaran
·     Mengamati
-      Mencermati teks bacaan tentang ketentuan beriman kepada Rasul-rasul Allah SWTsecara individu maupun kelompok.
·     Menanya
-      Mengajukan pertanyaan, misalnya tentang makna beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?, hikmah apa yang diperoleh dari beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT ?, bagaimana sikap kita terhadap  keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT? Bagaimana cara mengimani Rasul-rasul Allah swt?
·     Eksperimen/Eksplore
-      Diskusi tentang makna bagaimana cara mengimani Rasul-rasul Allah SWT? dalam persfektif Islam,
-      Diskusi tentang cara beriman terhadap Rasul-rasul Allah SWT?
-      Menganalisa hikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
·     Assosiasi
-      Menyimpulkan makna beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
-      Menyimpulkanhikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
·     Komunikasi
-      Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang tentang makna beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?, serta hikmahnya.
-      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-      Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·     Refleksi
-      Menampilkan sikap sidiq, amanah, tabligh dan fathonah  sebagai refleksi dari iman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
-      Menunjukkan sikap  ketauladanan sebagai cerminan penghayatan terhadap iman kepada Rasul-rasul Allah SWT?



No comments:

Post a Comment