Sunday 16 August 2020

Jaga Sholat 5 Waktu 02



Menjaga Sholat 5 Waktu
Sholat lima waktu harus betul-betul dijaga jangan sampai bolong-bolong, sebab tidak bakalan percuma kalau seseorang betul-betul mengistimewakan dan menjaga sholat, karena Allah swt. pasti akan membalas dengan balasan yang super ISTIMEWA kelak di akhirat. Antara lain yaitu :

1.    Akan Mendapat Balasan Sorga
Gusti Nabi saw. Bersabda dalam hadis Qudsi:
عن أَبَى قَتَادَةَ بنَ رَبْعِيَ قال: قال رسولُ الله صلى الله عليه وسلم: قال الله عَزّوَجَلّ: إِنّي فَرَضْتُ عَلَى أُمّتِكَ خَمْسَ صلَواتٍ وَعَهِدْتُ عِنْدي عَهْداً أَنّهُ مَنْ جَاءَ يُحَافِظُ عَلَيْهِنّ لِوَقْتِهِنّ أَدْخَلْتُهُ الْجَنّةَ وَمَنْ لَمْ يُحَافِظْ عَلِيْهِنّ فَلاَ عَهْدَ لَهُ عِنْدِي ( سنن أبي داود )
Dari Abu Qotadah, Rasululloh SAW bersabda, Alloh SWT berfirman,“Aku wajibkan pada umatmu sholat 5 waktu.Dan Aku membuat satu perjanjian,“Orang yang menjaga sholat 5 waktu, maka akan Aku masukkan ke dalam sorga. Siapa yang tidak menjaganya, maka Aku tak menjanjikan-nya.”(HR.Abu Daud)
2.     Mendapatkan pahala seluruh malaiakat.
Sahabat Muadz bin Jabal dan Jabir bin Abdulloh r.a. meriwayatkan, bahwa ketika Nabi Muhammad SAW diperjalankan ke langit pada malam Isra’ Mi’raj, beliau menyaksikan ibadah para malaikat penghuni tujuh langit.
Pada langit pertama, beliau menyaksikan para malaikat terus menerus berdzikir kepada Alloh SWT semenjak mereka diciptakan.
Pada langit kedua, beliau menyaksikan para malaikat terus menerus ruku’ semenjak mereka diciptakan.
Pada langit ketiga, beliau menyaksikan para malaikat terus menerus sujud semenjak mereka diciptakan. Pada saat beliau memberikan salam, mereka bangkit dan menjawabnya. Kemudian mereka pun melanjutkan sujudnya kembali sampai hari kiamat. Karena itulah, shalat yang dilakukan saat ini juga memerlukan sujud dua kali pada tiap rakaatnya.
Pada langit keempat, beliau menyaksikan para malaikat terus menerus duduk tasyahud.
Pada langit kelima, beliau menyaksikan para malaikat terus menerus membaca tasbih.
Pada langit keenam, beliau menyaksikan para malaikat terus menerus membaca takbir dan tahlil.
 Pada langit ketujuh, beliau menyaksikan para malaikat terus menerus melakkan penyerahan diri semenjak mereka diciptakan.
 Menyaksikan peribadahan para malaikat yang begitu menakjubkan ini, dalam hati, Nabi SAW terbersit keinginan, “Betapa senangnya apabila diriku dan seluruh umatku dapat melakukan ibadah seperti yang dilakukan oleh para malaikat penghuni tujuh langit.”
Alloh Maha Tahu. Dia rangkaikan semua gerakan ibadah yang telah diperagakan para malaikat penghuni tujuh langit dalam bentuk shalat. Alloh SWT berfirman, “Siapa yang mengerjakan shalat 5 ( lima ) waktu, maka akan memperoleh pahala seperti pahala peribadatan yang dilakukan oleh para malaikat tujuh langit.”
3.    Di ampuni dosa-dosa yang diperbuat antara satu shalat dan shalat lainnya.
Shalat juga menjadi pelebur dari beberapa dosa yang dilakukan antara jarak waktu shalat yang satu dan lainnya. Yaitu beberapa dosa pribadi yang mempunyai hubungan langsung dengan Alloh SWT.
 عنْ أبي هريرةَ  أنهُ سَمِعَ رسولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يقولُ: أَرَأَيْتُمْ لَوْ أنَّ نَهَراً بِبَابِ أَحَدِكُمْ يَغْتَسِلُ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسَ مَرَّاتٍ مَاذَا تَقُوْلُوْنَ ذَلِكَ مَبْقِياًّ مِنْ دَرَنِه ِ؟  قَالُوْا: لاَ يَبْقَى مِنْ دَرَنِهِ قَالَ: كَذَلِكَ مَثَلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ يَمْحُو اللهُ بِهِنَّ الْخَطَايَا(سنن الدارمى)
Dari Abu Hurairoh, Rasululloh SAW bersabda,  “Bagaimana pendapat kalian, apabila didepan pintu rumah terdapat sebuah danau yang dipergunakan seseorang untuk mandi lima kali sehari ? Apakah masih tersisa kotorannya ? Sahabat - sahabat menjawab, “Tidak akan tersisa sedikitpun kotoran.” Rasululloh SAW melanjutkan sabdanya, Demikianlah perumpamaan shalat lima waktu. Alloh akan menghapus kesalahan - kesalahan dengan shalat.” ( HR. Ad-Darimi )[2]
Di samping itu, juga akan mendapatkan beberapa keuntungan dari masing-masing shalat. Karena masing2 dari shalat lima waktu juga mempunyai beberapa keistimewaan dan keutamaan sendiri - sendiri. Yamg insyaAllah akan saya terangkan pada khutbah bulan depan.
Moga2 kule panjennengan sadeje, keluarga sareng anak kompoi kule panjennengan sadeje jugen tatangge kanan kiri ade’ budi eparengana petodu sareng Allah swt. kaangguy tetep ben istiqamah ngalampae shalat 5 bekto dalem kabedeen ponapa’a bisaos, lebbi2 manabi bisa berjamaah sabben bekto e masjid otabe e langger.


No comments:

Post a Comment