Tuesday 28 May 2013

KENAKALAN REMAJA

Pengertian kenakalan
Kenakalan adalah semua sikap dan prilaku yang menyimpang dari aturan dan norma-norma yang berlaku di kalangan masyarakat dan agama, baik itu dilakukan oleh orang tua maupun anak-anak.
Akan tetapi dalam pengertiannya yang lebih khusus, biasanya kenakalan ini selalu dikaitkan dengan remaja, oleh karena bila kenakalan itu dilakukan oleh orang tua maka bobot kenakalannya semakin berat sehingga untuk orang tua lebih pas bila digunakan kata kriminal.

Kenakalan remaja dan bahayanya

Kenakalan yang dilakukan oleh remaja beraneka ragam, seperti berani kepada orang tua, acuh terhadap segala aturan dan norma yang berlaku, lari dari rumah, pergaulan bebas, mencuri, menipu, berbohong, sering bolos sekolah, minum-minum dan yang sedang menggejala akhir-akhir ini adalah menggunakan pil koplo dan lain-lain. Motivasi terjadinya kenakalan ini sangat bervariasi bahkan kadang kala sangat sederhana, yang dilakukan hanya sekedar mmenunjukkan keberadaannya, identitasnya dan sekedar gagah-gagahan.
Akan tetapi sering pula terjadi karena kondisi orang tua yang kurang memperhatikan, terlalu mendekte anak, terlalu memberikan kebebasan dan atau karena kehidupan di dalam keluarganya yang tidak harmonis. Disamping itu kondisi masyarakat yang melenceng dari norma moral dan agama sering juga menjadi penyebab terjadin­ya kanakalan remaja ini.

Usaha mengatasi kenakalan remaja.

Seringkali terjadi saling melempar antara orang tua, sekolah (guru), masyarakat dan pemerintah di dalam menyikapi persoalan kenakalan remaja ini. Sekolah dengan peranan pendidikan Agamanya sering terlalu dituntut untuk mengatasinya, sementara itu dalam kehidupan keluarga dan masyarakat menjadi tempat untuk suburnya kenakalan tersebut, nilai-nilai yang berkembang dalam keluarga an masyarakat sering justru bertentangan dengan nilai-nilai luhur yang diberikan sekolah, bila demikian maka peranan lembaga pendidikan dan Agama menjadi tumpul dan tidak efisien.

Oleh karenanya dalam pembinaan ini, ideal sekali apabila sekolah, keluarga dan masyarakat berjalan seirama di dalam pemmbinaan generasi muda ini, disamping selalu mendapatkan perhatian yang serius dari Pemerintah.

No comments:

Post a Comment