SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
KOMPETENSI DASAR                       
1.2       Berpegang
teguh kepada Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.2.1      Siswa mampu berpegang teguh kepada
Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
1.3       Meyakini
kebenaran hukum Islam
Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.3.1      Siswa mampu meyakini kebenaran hukum Islam
3.8 
     Memahami kedudukan Al-Quran,
Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
Indikator Pencapaian Kompetensi 
3.8.1      Mampu menjelaskan pengertian, kedudukan
dan fungsi Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
3.8.2      Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits
3.83        Mampu membuat kesimpulan terkait sumber
hukum taklifi
4.6       Menyajikan
macam-macam sumber hukum Islam
Indikator Pencapaian Kompetensi 
4.6.1      Siswa dapat menjelaskan produk sumber
hukum Islam
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Berpegang
teguh kepada Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
2.         Memahami
kedudukan Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
3.         Dapat
menyajikan macam-macam sumber hukum Islam
KEGIATAN PEMBELAJARAN
·    
Mengamati
-      Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan
(tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S.
Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta
hadits terkait.
·    
Mengamati
-      Mencermati bacaan teks tentang kedudukan al-Quran, al-Hadits,
dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-      Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan
vidio atau media lainnya.
·    
Menanya (memberi stimulus
agar peserta didik bertanya) 
-      Mengapa  Al-Quran,
Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-      Apa yang anda pahami tenang Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad ? 
·    
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-      Peserta didik mendiskusikan makna Al-Quran, Hadits, dan
Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-      Guru mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran,
Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-      Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku
berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad di rumah.
·    
Mengasosiasi
-      Membuat kesimpulan tentang sumber hukum Islam.
-      Mengkomunikasikan:
-      Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang sumber
hukum Islam.

No comments:
Post a Comment