Thursday 30 April 2015

KUR 2013.X.2.3 SUMBER HUKUM ISLAM, bagian 1



SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
KOMPETENSI DASAR                      
1.2       Berpegang teguh kepada Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1      Siswa mampu berpegang teguh kepada Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
1.3       Meyakini kebenaran hukum Islam
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3.1      Siswa mampu meyakini kebenaran hukum Islam
3.8       Memahami kedudukan Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8.1      Mampu menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
3.8.2      Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits
3.83        Mampu membuat kesimpulan terkait sumber hukum taklifi
4.6       Menyajikan macam-macam sumber hukum Islam
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.6.1      Siswa dapat menjelaskan produk sumber hukum Islam
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Berpegang teguh kepada Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
2.         Memahami kedudukan Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
3.         Dapat menyajikan macam-macam sumber hukum Islam

KEGIATAN PEMBELAJARAN
·     Mengamati
-      Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta hadits terkait.
·     Mengamati
-      Mencermati bacaan teks tentang kedudukan al-Quran, al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-      Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·     Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
-      Mengapa  Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-      Apa yang anda pahami tenang Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad ?
·     Mengumpulkan data/eksplorasi
-      Peserta didik mendiskusikan makna Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-      Guru mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-      Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad di rumah.
·     Mengasosiasi
-      Membuat kesimpulan tentang sumber hukum Islam.
-      Mengkomunikasikan:
-      Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang sumber hukum Islam.



No comments:

Post a Comment