Tuesday 19 March 2013

CARA SHALAT JAMA' DAN QASHAR, bagian 6


Niat shalat jama’ ta’khir sekaligus diqashar
a.   Niat shalat dhuhur jama’ ta’khir (dhuhur dan ashar dikerjakan pada waktu ashar)

أُصَلِّى فَرْضَ الضُّهْرِ قَـصْرًا رَكْــعَـــتَـيْنِ مَجْمُوْعًا إِلى الْعَصْرِ مُسْــتَـقْبِلَ الْقِــــــبْلَــةِمَأْمُــــوْمًا / إِمَامًا لِلّهِ تَـعَـالَــى
(Ushalli fardhad dhuhri qashron rok-ataini majmu'an ilal ashri mustaqbilal qiblati makmuman/imaman lillahi ta’ala)
Artinya : Saya berniat shalat dhuhur diqashar 2 rokaat, dikumpulkan dengan shalat ashar, menghadap qiblat makmuman/ imaman lillahi ta’ala.
b.   Niat shalat ashar jama’ ta’khir

أُصَلِّى فَـرْضَ الْعَصْرِ قَـصْرًا رَكْــعَـــتَـيْنِ مَجْمُوْعًا إِلَيْـهِ الضُّهْرُ مُسْــتَـقْبِلَ الْقِـــــبْلَــةِمَأْمُـــوْمًا / إِمَامًا لِلّهِ تَـعَـالَــى
(Ushalli fardhal ashri qashron rok-ataini majmuan ilayhid dhuhru mustaqbilal qiblati makmuman/imaman lillahi ta’ala)
Artinya : Saya berniat shalat ashar diqashar 2 rokaat, dikumpulkan dengannya shalat dhuhur, menghadap qiblat makmuman/ imaman lillahi ta’ala.
c.    Niat shalat maghrib jama’ ta’khir (maghrib dan isya’ dikerjakan pada waktu isya’, maghrib tetap dilakukan 3 rokaat)

أُصَلِّى فَـرْضَ الْمَــغْرِبِ ثَلَاثَ رَكَعَاتٍ مَجْمُــوْعًا إِلىَ الْعِــشَاءِ مُسْــتَـــــقْبِلَ الْقِـــــبْلَــةِمَأْمُـــوْمًا / إِمَامًا لِلّهِ تَـعَـالَــى
(Ushalli fardhal maghribi salasa roka’atin majmuan ilal isya-i mustaqbilal qiblati makmuman/imaman lillahi ta’ala)
Artinya     :       Saya berniat shalat maghrib 3 rokaat, dikumpulkan dengan shalat isya’, menghadap qiblat makmuman/imaman lillahi ta’ala.
a.   Niat shalat isya’ jama’ ta’khir dan diqashar

أُصَلِّى فَـرْضَ الْعِــشَاءِ قَـصْرًا رَكْــعَـــتَـيْنِ مَجْمُوْعًا إِلَيْهِ الْمَــغْرِبُ مُسْــتَـقْبِلَ الْقِـــــبْلَــةِمَأْمُـــوْمًا / إِمَامًا لِلّهِ تَـعَـالَــى
(Ushalli fardhal isya-i qashron rok-ataini majmuan ilaihil maghribu mustaqbilal qiblati makmuman/imaman lillahi ta’ala)
Artinya : Saya berniat shalat isya’ diqashar 2 rokaat, dikumpulkan dengannya shalat maghrib, menghadap qiblat makmuman/imaman lillahi ta’ala.
Bagi seorang muslim yang bepergian yang telah memenuhi persyaratan ( jarak yang akan ditempuh 90 km dan tidak bermaksud melakukan perbuatan dosa) maka baginya lebih baik mengerjakan shalatnya dengan dijamak dan atau diqashar sekaligus, karena yang demikian itu melaksanakan keringanan (ruqshah) yang yang telah diberikan oleh agama dan Allah swt. senang dengan hal ini sesuai hadis Nabi saw.

إِنَّ اللهَ تَعَالَى يُحِبُّ أَنْ يُؤْخَـذَ بِـرُخْـصِهِ كَمَا يُحِبُّ أَنْ يُؤْخَذَ بـِعَـزَائِـمِــــهِ
Artinya : Sesungguhnya Allah swt. senang bila rukhshahnya (keringanannya) dipergunakan, seperti halnya Ia senang bila perintahNya dilaksanakan.

Wallaahu a’lam bis shawab, Al Faatichah....

No comments:

Post a Comment