Niat shalat jama’ ta’khir sekaligus diqashar
أُصَلِّى فَرْضَ الضُّهْرِ قَـصْرًا رَكْــعَـــتَـيْنِ
مَجْمُوْعًا إِلى الْعَصْرِ مُسْــتَـقْبِلَ
الْقِــــــبْلَــةِمَأْمُــــوْمًا / إِمَامًا لِلّهِ تَـعَـالَــى
(Ushalli fardhad dhuhri qashron
rok-ataini majmu'an ilal ashri mustaqbilal qiblati makmuman/imaman lillahi
ta’ala)
Artinya : Saya
berniat shalat dhuhur diqashar 2 rokaat, dikumpulkan dengan shalat ashar,
menghadap qiblat makmuman/ imaman lillahi ta’ala.
b.
Niat
shalat ashar jama’ ta’khir
أُصَلِّى فَـرْضَ الْعَصْرِ قَـصْرًا رَكْــعَـــتَـيْنِ
مَجْمُوْعًا إِلَيْـهِ الضُّهْرُ مُسْــتَـقْبِلَ الْقِـــــبْلَــةِمَأْمُـــوْمًا /
إِمَامًا لِلّهِ تَـعَـالَــى
(Ushalli fardhal ashri qashron rok-ataini
majmuan ilayhid dhuhru mustaqbilal qiblati makmuman/imaman lillahi ta’ala)
Artinya : Saya
berniat shalat ashar diqashar 2 rokaat, dikumpulkan dengannya shalat dhuhur,
menghadap qiblat makmuman/ imaman lillahi ta’ala.
c.
Niat
shalat maghrib jama’ ta’khir (maghrib dan isya’ dikerjakan pada waktu isya’,
maghrib tetap dilakukan 3 rokaat)
أُصَلِّى فَـرْضَ الْمَــغْرِبِ ثَلَاثَ رَكَعَاتٍ
مَجْمُــوْعًا إِلىَ الْعِــشَاءِ مُسْــتَـــــقْبِلَ
الْقِـــــبْلَــةِمَأْمُـــوْمًا / إِمَامًا لِلّهِ تَـعَـالَــى
(Ushalli fardhal maghribi salasa
roka’atin majmuan ilal isya-i mustaqbilal qiblati makmuman/imaman lillahi ta’ala)
Artinya : Saya
berniat shalat maghrib 3 rokaat, dikumpulkan dengan shalat isya’, menghadap
qiblat makmuman/imaman lillahi ta’ala.
a.
Niat
shalat isya’ jama’ ta’khir dan diqashar
أُصَلِّى فَـرْضَ الْعِــشَاءِ قَـصْرًا
رَكْــعَـــتَـيْنِ مَجْمُوْعًا إِلَيْهِ الْمَــغْرِبُ مُسْــتَـقْبِلَ
الْقِـــــبْلَــةِمَأْمُـــوْمًا / إِمَامًا لِلّهِ تَـعَـالَــى
(Ushalli fardhal isya-i qashron rok-ataini
majmuan ilaihil maghribu mustaqbilal qiblati makmuman/imaman lillahi ta’ala)
Artinya : Saya
berniat shalat isya’ diqashar 2 rokaat, dikumpulkan dengannya shalat maghrib,
menghadap qiblat makmuman/imaman lillahi ta’ala.
Bagi seorang muslim yang bepergian yang telah memenuhi persyaratan ( jarak
yang akan ditempuh 90 km dan tidak bermaksud melakukan perbuatan dosa) maka
baginya lebih baik mengerjakan shalatnya dengan dijamak dan atau
diqashar sekaligus, karena yang demikian itu melaksanakan keringanan (ruqshah)
yang yang telah diberikan oleh agama dan Allah swt. senang dengan hal ini
sesuai hadis Nabi saw.
إِنَّ اللهَ تَعَالَى يُحِبُّ أَنْ يُؤْخَـذَ
بِـرُخْـصِهِ كَمَا يُحِبُّ أَنْ يُؤْخَذَ بـِعَـزَائِـمِــــهِ
Artinya : Sesungguhnya
Allah swt. senang bila rukhshahnya (keringanannya) dipergunakan, seperti halnya
Ia senang bila perintahNya dilaksanakan.
Wallaahu a’lam bis shawab, Al Faatichah....
No comments:
Post a Comment