Monday, 3 August 2015

KUR 2013.XI.2.1 AL QUR'AN 4, bagian 1

AL QUR'AN TENTANG
TOLERANSI DAN ANTI KEKERASAN
KOMPETENSI INTI                      
KI 1 :    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI 2 :    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-  aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan  alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR                      
3.2       Menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
4.3       Membaca  Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.4       Mendemonstrasikan hafalanQ.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar
2.4       Menunjukkan sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits terkait
4.3       Membaca  Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.3.1      Siswa dapat membaca Al Qur’an sesuai adab yang telah ditentukan
4.3.2      Siswa dapat membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf
4.3.3      Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan benar
3.2       Menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1      Siswa mampu menganalisis kandungan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
3.6       Memahami makna toleransi dan kerukunan
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.1      Siswa memahami makna toleransi dan kerukunan sesuai konsep Al Qur’an dan Al Hadis
3.6.2      Siswa dapat menyimpulkan makna toleransi dan kerukunan sesuai konsep Al Qur’an dan Al Hadis
4.8       Menampilkan contoh perilaku toleransi dan kerukunan
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.8.1      Siswa dapat memberi contoh prilaku toleransi dan kerukunan sesuai konsep Al Qur’an dan Al Hadis
3.7       Memahami bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan.
Indikator Pencapaian Kompetensi      
3.7.1      Siswa memahami bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan sesuai konsep Al Qur’an dan Al Hadis
3.7.2      Siswa dapat menyimpulkan bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan sesuai konsep Al Qur’an dan Al Hadis
4.9       Medeskripsikan bahaya  tindak kekerasan dalam kehidupan.
Indikator Pencapaian Kompetensi      
4.9.1      Siswa mendeskripsikan bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan sesuai konsep Al Qur’an dan Al Hadis
4.4       Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.4.1      Siswa dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar
Tujuan Pembelajaran
1.   Menunjukkan perilaku dan sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits terkait
2.   Menampilkan contoh prilaku toleransi dan kerukunan sesuai konsep Al Qur’an dan Al Hadis
3.   Dapat membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf
4.   Dapat menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
5.   Memahami makna toleransi dan kerukunan sesuai konsep Al Qur’an dan Al Hadis
6.   Dapat menampilkan contoh perilaku toleransi dan kerukunan sesuai konsep Al Qur’an dan Al Hadis
7.   Memahami bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan sesuai konsep Al Qur’an dan Al Hadis
8.   Medeskripsikan bahaya  tindak kekerasan dalam kehidupan sesuai konsep Al Qur’an dan Al Hadis
9.   Dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32  dengan lancar
a.   Kegiatan Pembelajaran
·     Mengamati
-      Menyimak bacaan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait  secara individu maupun kelompok.
·     Menanya
-      Mengajukan pertanyaan tentang kaedah tajwid yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-      Mengajukan pertanyaan tentang makna mufrodat yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta hadits yang terkait
·     Eksperimen/Eksplor
-      Menganalisa kaedah tajwid yang terdapat Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-      Diskusi tentang makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam  Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
-      Diskusi tentang kandungan makna Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
·     Assosiasi
-      Menyimpulkan kaedah tajwid yang terdapat pada Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-      Menyimpulkan makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam  Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
-      Menyimpulkan kandungan makna Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
·     Komunikasi
-      Menyajikan kaedah tajwid yang terdapat Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-      Menyajikan makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
-      Menyajikan kandungan makna Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
-      Mendemonstrasikan bacaan tartil dan hafalan  Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
·     Refleksi
-      Menampilkansikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, dalam kehidupan sehari-hari sebagai refleksi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait


No comments:

Post a Comment