Thursday 21 March 2013

XII.2.1 AL QUR'AN TTG PENG. IPTEK, bagian 1



A.     MEMBACA DENGAN BAIK / BENAR AL QUR'AN SURAT YUNUS AYAT 101 DAN AL BAQOROH AYAT 164

قُلِ انْظُـــــرُواْ مَاذَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَا تُغْـنِي الآيَاتُ وَالنُّــــــــــذُرُ عَنْ قَوْمٍ لاَّ يُؤْمِـــــــــنُوْنَ.  
Artinya  : Katakanlah: "Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfa`at tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman.
إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَاخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْــرِي فِي الْبَـــحْرِ بِمَا يَنْـــــفَعُ الـــنَّاسَ وَمَا أَنْــــزَلَ اللّهُ مِنَ السَّــمَاءِ مِنْ مَّاء فَأَحْيَا بِهِ الأرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيْهَا مِن كُلِّ دَآبَّــةٍ وَتَصْرِيْفِ الرِّيَاحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخِّرِ بَـيْنَ السَّمَاء وَالأَرْضِ لآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَعْـــقِلُونَ.  
Artinya  : Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) -nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. QS Al Baqarah : 164


B.     KANDUNGAN  SURAT YUNUS 101

M. Quraish Shihab menyatakan dalam tafsirnya : "Allah swt tidak akan memaksa, engkau tidak perlu memaksa mereka agar beriman, tetapi katakanlah kepada mereka, “ Perhatikanlah dengan mata kepala dan hati kamu masing-masing : mahluk dan atau sistem yang ada di langit dan di bumi. Sungguh banyak yang dapat diperhatikan, salah satunya adalah bila akal yang anugerah Allah swt ini dimanfaatkan – sudah cukup untuk beriman dan mengantar manusia beriman dan menyadari bahwa Allah swt. Maha Kuasa, Dia Maha Esa dan Dialah yang mebimbing manusia antara lain melalui para Nabi guna mengantar mereka ke jalan bahagia. Jika mereka ingin beriman itulah salah satu caranya, bukan dengan memaksa, karena tidaklah bermanfaat ayat-ayat, yakni bukti-bukti dan tanda kekuasaan Allah swt, betapapun jelas dan banyaknya dan tidak juga kehadiran para Nabi/Rasul dalam menyampaikan peringatan bagi orang yang tidak mau beriman."

Ayat ini pada dasarnya merupakan pernyataan Allah swt. Bahwa dengan memperhatikan alam dan fenomenanya, akan mengantarkan manusia untuk beriman, akan tetapi hal ini tidak akan ada manfaatnya bila hati mereka memang enggan untuk beriman.
Ayat ini sebenarnya tidak secara langsung terkait dengan pengembangan iptek, akan tetapi dalam ayat ini ada kalimat yang artinya “Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi” nah kalimat inilah yang dapat dikaitkan dengan pengembangan IPTEK.


C.     KANDUNGAN  SURAT AL BAQARAH AYAT 164
M. Quraish Shihab memberikan penjelasan tentang ayat ini, yang intinya bahwa ayat ini mengundang manusia untuk berfikir dan merenung tentang :
1.   Penciptaan langit dan bumi
2.   Pergantian malam dan siang
3.   Bahtera yang berlayar di laut
4.   Air yang diturunkan dari langit
5.   Aneka binatang ciptaan Allah swt.

Bahwa dari penciptaan langit dan bumi dan seterusnya pastilah akan berujung pada kepercayaan bahwa Allah swt. Maha Esa bagi mereka yang benar-benar menggunakan potensi akalnya secara benar.
Dalam ayat inipun tidak secara langsung terkait dengan pengembangan iptek, akan tetapi dalam ayat inipun ada kalimat yang artinya “Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan” dan kalimat inlah yang dapat dikaitkan ke ranah pengembangan IPTEK.

No comments:

Post a Comment