Friday 15 March 2013

SHALAT BERJAMA’AH, bagian 2


D.  HIKMAH SHALAT BERJAMAAH
Sholat berjamaah sangat utama dan mendapat penghargaan khusus baik dari Allah swt. maupun dari Rasulullah saw. sebagaimana sabda beliau :
صـلاة الجــماعـةِ افـضـل من صـلاة الفــدِ بســبـعٍ و عـشـريـن درجــةً    رواه  البخارى  مسلم
Artinya : “Sholat jamaah lebih utama kebaikannya 27 kali lipat dibanding sholat sendiri-sendiri. H.R. Bukhari Muslim.
من صـلى اربـعـين يـومًـا فى جـمـاعـة يُــدْرِكُ التـكـبـيرَةُ الاولى كـتـِبَ لـه  بــرَاءَتـان بــرَاءَةٌ من الــنار و بــرَاءَةٌ من الــنـفـاق      رواه  الترمذى
Artinya : “Siapa yang shalat berjamaah secara rutin selama 40 hari dan tidak ketinggalan takbir imam yang pertama (takbiratul ihram),maka ditulis untuknya dua kebeba-san, (yaitu) bebas dari api neraka dan bebas dari nifaq. HR. At Thabrani.
من صـلى الـعـشاء فى جـماعـةٍ فـكأنـما قـام نـصفَ اللـيل من صـلى  الصـبحَ فى جـماعـةٍ فـكأنـما صـلى اللـيل كلـها    رواه  مسلم  و احـمد
Artinya : “Siapa yang shalat isya’ berjamaah, maka bagaikan bangun setengah malam, dan siapa yang shalat shubuh berjamaah maka bagaikan bangun semalam suntuk. HR. Muslim dan Ahmad.
Diharapkan setiap muslim dalam menjalankan sholat, khusunya sholat wajib lima waktua agar dikerjakan secara berjamaah, hal ini mengingat betapa besarmanfaat dari shalat berjamaah tersebut.
Secara singkat shalat berjamaah memiliki hikmah sebagai berikut :
a.   Memiliki keutamaan atau kebaikan 27 derajat dibanding sholat munfariddan kemungkinannya untuk diterima oleh Allah swt, lebih besar dibanding shalat sendirian.
b.   Mendidik jiwa untuk senantiasa bergembira dalam hidup bersama, sehingga akan timbul sikap sosial yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya.
c.   Sholat berjamaah akan menanamkan rasa persatuan dan kesatuan sehingga ukhuwah islamiah akan terikat erat.
d.   Pembinaan umat akan semakin mudah, karena pada saat jamaah berkumpul di tempat sholat dapat disampaikan berbagai hal yang diperlukan untuk kepentingan bersama dan kemajuan umat.
e.   Ketika berdzikir dan berdo’a bersama akan dikelilingi oleh para Malikat, diliputi oleh rahmat dan lain-lain dan untuk lebih jelaasnya perhatikan hadis berikut :
لا يـقـعـدُ قَـوْمٌ يـَـذْكـرُون اللهَ تـعَالى الا حـفَـتْـهـمُ المـلا ئـكـةُ وغَـشـيـتهـمُ الرحمةُ ونزَ لتْ عَليهِمُ السَكينةُ وذكرَ اللهُ فـيْمـنْ عـنـدَهُ   رواه مسلم
Artinya : “Tidak satu kaumpun yang duduk berdzikir kepada Allah Ta’ala,kecuali mereka akan dikelilingi oleh Malaikat, akan diliputi oleh rahmat, akan dikaruniai ketenangan dan akan dibanggakan oleh Allah kepada siapapun yang berada didekatNya.  HR. Muslim

No comments:

Post a Comment