XII.2.1
|
AL QUR’AN 6
|
KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro- aktif)
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9) : 119 dan Q.S. Lukman
(31): 14 serta hadits terkait
2.2 Menunjukkan perilaku hormat
dan berbakti kepada orangtua dan guru Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait
2.4 Menunjukkan perilaku saling menasihati dan
berbuat baik (ihsan) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31) :
13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits terkait
4.2.1 Membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1.1 Siswa
dapat membaca Al Qur’an sesuai adab yang telah ditentukan
4.1.1.2 Siswa dapat membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2):
83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf
4.1.1.3 Siswa
mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2):
83 dengan benar
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31):
13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 denagn lancar.
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.2.1 Siswa
dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah
(2): 83 dengan lancar
3.2 Menganalisis Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah (2): 83, serta hadits tentang saling menasihati dan berbuat baik
(ihsan).
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Siswa
mampu menganalisis kandungan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2):
83; terkait saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
3.1.2 Siswa
memahami isi kandungan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83,
terkait saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
3.1.3 Siswa dapat
menyimpulkan kandungan surat Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, terkait saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menunjukkan perilaku saling menasihati dan berbuat
baik (ihsan) dalam kehidupan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman
(31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits terkait
2. Dapat membaca Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan
Q.S. Al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan makhorijul huruf
3. Mampu
menganalisis Q.S. Luqman (31)
: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (hudnuddlan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
4. Dapat
mendemonstrasikan hafalan S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dengan lancar
KEGIATAN PEMBELAJARAN
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan
(tajwid), dan mencermati kandungan Q.S.
Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits terkait.
·
Menanya
-
Menanyakan cara membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah (2): 83
-
Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul,
dan isi kandungan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta
hadits terkait.
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Mendiskusikan cara membaca
Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan
hukum bacaan tajwid;
-
Menterjemahkan Q.S.
Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits terkait;
-
Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan Q.S. Luqman (31): 13-14
dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits terkait.
·
Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Luqman (31): 13-14
dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits
terkait.
·
Mengkomunikasikan:
-
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil
diskusi tentang Q.S. Luqman (31): 13-14
dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits terkait secara individu maupun
kelompok
A.
PETUNJUK MEMBACA AL
QUR’AN
a.
Menyentuh, memegang Al Qur’an
wajib suci dari najis dan hadas (punya wudhu dan tidak sedang junub)
b.
Ketika membaca atau menghafal
Al Qur’an (tanpa memegang Al Qur’an) boleh tidak punya WUDHU, tapi wajib suci
dari hadas besar (junub).
c.
Menggunakan pakaian yang
suci, rapi dan menutup aurat (pakai kopyah atau kerudung)
d.
Duduk yang baik / sopan,
diusahakan menghadap kiblat
e.
Ketika mengambil Al Qur’
dengan tangan kanan atau dengan kedua tangan lalu diletakkan didada saat
membawanya.
f.
Ketika membacanya, Al Qur’an
diletakkan di dampar ( jangan diletakkan di lantai ketika posisi duduk di
lantai), atau dipegagang dengan tangan kanan/kedua tangan sambil diangkat
paling rendah searah perut.
g.
Ketika akan membaca Al Qur'an
dari awal surat, maka terlebih dahulu membaca Ta'awwudz dan Basmalah, sedangkan
bila tidak dari awal surat, maka cukup dengan hanya membaca Ta'awwudz saja
tanpa Basmalah.
h.
Ketika selesai membaca Al
Qur’an dicium, dan kemudian diletakkan ditempat khusus ( diatas Al Qur’an
dilarang ditempatkan barang selain Al Qur’an)
B.
MEMBACA DAN MENGHAFAL
KOMPETENSI DASAR
4.2.1 Membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah
(2): 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1.1 Siswa
dapat membaca Al Qur’an sesuai adab yang telah ditentukan
4.1.1.2 Siswa dapat membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2):
83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf
4.1.1.3 Siswa
mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2):
83 dengan benar
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31):
13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 denagn lancar.
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.2.1 Siswa
dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah
(2): 83 dengan lancar
SURAT LUQMAN AYAT 13 – 14
وَإِذْ قَالَ لُقْـمَانُ لِابْنِهِ
وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ ۖ
إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ، وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ
حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ
لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ
SURAT AL BAQARAH AYAT 83
وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَاقَ بَنِي
إِسْرَائِيلَ لَا تَعْبُدُونَ إِلَّا اللَّهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَذِي
الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَقُولُوا لِلنَّاسِ حُسْنًا
وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا
مِّنكُمْ وَأَنتُم مُّعْرِضُونَ
Artinya : Dan
(ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran
kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya
mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".
Dan Kami perintahkan kepada
manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah
mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam
dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya
kepada-Kulah kembalimu. QS. Luqman : 13-14
Artinya : Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji
dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat
kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang
miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat
dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali
sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling. QS. Surat Al Baqarah : 83
No comments:
Post a Comment