Tuesday 9 June 2015

KUR 2013.XI.1.3 MERAWAT JANAZAH, bagian 1


MERAWAT JANAZAH

KOMPETENSI INTI
KI 1 :    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-  aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan  alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 :    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI DASAR
3.9       Memahami pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9.1      Siswa dapat menjelaskan tata cara merawat orang sakit keras dan setelah naza’
3.9.2      Siswa dapat menjelaskan tata cara memandikan jenazah
3.9.3      Siswa dapat menjelaskan tata cara mengkafani jenazah
3.9.4      Siswa dapat menjelaskan tata cara menshalatkan jenazah
3.9.5      Siswa dapat menjelaskan tata cara menguburkan jenazah
3.9.6      Siswa dapat menjelaskan tata cara ta’ziyah dan ziarah kubur
4.11     Memperagakan tatacara penyelenggaraan jenazah.
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.11.1    Siswa dapat memperagakan tata cara memandikan jenazah
4.11.2    Siswa dapat memperagakan tata cara mengkafani jenazah
4.11.3    Siswa dapat memperagakan tata cara menshalatkan jenazah
4.11.4    Siswa dapat Mampu memperagakan tata cara menguburkan jenazah
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.  Siswa dapat menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
2.  Siswa dapat memperagakan tatacara pengurusan jenazah

Kegiatan Pembelajaran
·     Mengamati
-      Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengan pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah,secara individu maupun kelompok.
-      Mencermati ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·     Menanya:
-      Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·     Eksperimen/Eksplor
-      Diskusi tentang ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
-      Diskusi mengenai hikmah pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·     Assosiasi
-      Menyimpulkan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
-      Menyimpulkan hikmah ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·     Komunikasi
-      Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang ketentuan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
-      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-      Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-      Berlatih menerapkan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·     Refleksi
-      Menampilkan kemampuan menerapkan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
-      Menunjukkan sikap menghargai dan menghormati  pelaksanaan penyelenggaraan jenazah

No comments:

Post a Comment